PRODI Peternakan,Biodata Diri,Kesan,Pesan,Pengalaman,Motivasi bagi calon mahasiswa Peternakan

INFORMASI PRIBADI
Nama Lengkap                   : Qodri Asshidiq
Tempat Tanggal Lahir        : Kisaran,9 Januari 1999

Alamat Asal
Desa                      : Gambir Baru
Jalan                      : Jln. Murai NO.3C
Kecamatan              : Kisaran Timur
Kabupaten              : Asahan
Provinsi                  : Sumatera Utara
Alamat Sekarang               : Jalan Kayee Adang 2 Gampong Lamgugob
Telepon                            : -
Email                               : qodriasshidiq1998@gmail.com
Telepon Hp                       : 082272010676


RIWAYAT PENDIDIKAN
Pendidikan
Tahun Mulai-Selesai
Tempat
Bidang Studi
TK
2003-2004
TK Tunas Bangsa

Sekolah Dasar
2004-2010
SDN 010098 Karang Anyer

Sekolah Menengah Pertama
2010-2013
SMPS Yapendak

Sekolah Menengah Atas
2013-2016
SMA Negeri 3 KISARAN
Ilmu Pengetahuan Alam
Sarjana (S1)
2016-Sekarang
Universitas Syiah Kuala
Peternakan

RIWAYAT ORGANISASI
- OSIS
- ROHIS AS Syaff SMAN 3 KISARAN
- PMR

Nama saya Qodri asshidiq,saya mahasiswa UNIVERSITAS SYIAH KUALA atau yang lebih dikenal dengan nama UNSYIAH. Sedikit saya tuliskan tentang niat dan motivasi saya kuliah di prodi Peternakan Fakultas Pertanian,semua berawal saat saya menginjak usia 10 tahun saat itu saya masih kelas 4 sekolah dasar saya mulai tertarik untuk menjadi seorang guru karena pada waktu itu saya tinggal dengan kakek saya yang berprofesi sebagai seorang guru sekolah dasar. Semakin lama meneruskan pendidikan di sekolah dasar saya sangat menyukai pelajaran ilmu pengetahuan alam yang mempelajari alam sekitar,dan saya lebih suka mengahafal dari pada berhitung. Pada saat itu juga saya memutuskan untuk menjadi seorang guru sekolah dasar yang mengajarkan ilmu pengetahuan alam kepada murid-murid saya kelak setelah saya dewasa nanti,waktu berlalu dan saya menginjak masa sekolah menengah pertama dan pada saat itu juga saya tertarik pada sesuatu yang tak berhubungan sama sekali dengan ilmu pengetahuan alam atau pun bagaimana menjadi seorang guru,melainkan saya tertarik menjadi seorang tentara angkatan laut karena menurut saya masa itu seorang tentara sangat di banggakan oleh semua orang tapi semua itu tidak mungkin saya capai karena fisik saya yang gampang sakit waktu itu dan memang pada waktu itu orang tua saya memang lebih mendukung saya untuk menjadi seorang guru,ibu saya adalah seorang perawat di sebuah poliklinik di dekat rumah saya,sedangkan ayah saya adalah seorang pegawai swasta sebuah perkebunan. Untuk mrngisi waktu luangnya,ayah saya memelihara beberapa ayam kampung di halaman belakang rumah. Semakin hari ayam-ayam itu terus berkembang biak dan akhirnya saya dan ayah saya membuat kandang untuk beberapa ekor anak ayam dan kandang besar untuk ayam-ayam lainnya. Namun karena pekerjaan ayah yang semakin banyak dan membuatnya sibuk,akhirnya saya yang harus membantu ayah mengurus ayam-ayam kami dan saat itu juga lah saya mengurus hewan ternak sendiri. Pada awalnya saya sangat bingung karna sama sekali tidak pernah merawat hewan sekali pun apalagi merawat hewan ternak seperti mengurus ayam. Dengan beberapa petunjuk dari ayah saya mulai mencoba belajar merawat hewan ternak,ayah juga memang bermaksud mengajarkan cara beternak karena ini bisa menjadi suatu hal iseng atau hobby yang bisa memberi keuntungan bagi kita walau pun hanya dilakukan di waktu luang atau waktu senggang. Semakin lama saya semakin terbiasa dan menyenangi kebiasaan baru saya ini,namun karena waktu itu saya tinggal di perkebunan di daerah Riau dan kebetulan di tempat saya tinggal tersebut sangat susah di jumpai sekolah menengah atas yang maju di sekitar situ. Akhirnya saya harus pindah dan melanjutkan jenjang pendidikan saya ke sekolah menengah atas di temapat tinggal kakek dan nenek saya sekaligus juga kota kelahiran saya, kota Kisaran di daerah Sumatera Utara
          Ketika saya duduk di kelas 10 sekolah menengah atas saya juga mulai memelihara beberapa ayam kampung dan bebek entok,tapi sangat sulit memelihara hewan ternak di daerah perkotaan karena sangat sedikit lahan yang bisa di pakai untuk membuat kandang atau tempat untuk anak-anak ayam yang baru menetas. Tapi,sedikit bergeser ke cerita masa SMA saya yang kata orang masa ini adalah masa yang paling di tunggu-tunggu dan paling bahagia di rasakan,banyak hal yang dirasakan saat SMA mulai dari belajar dewasa,belajar hal-hal baru,mempelajari banyak pelajaran yang lebih meluas dari masa sekolah menengah pertama sebelumnya,dan banyak hal hebat yang bisa dirasakan saat baru masa awal masuk sekolah menengah atas. Semua masih baru ketika kelas 10 dan pilihan terbesar pertama kalinya yang harus dipilih oleh diri sendiri pun datang saat akan memasuki masa kelas 11 sekolah menengah atas, yaitu pemilihan jurusan IPA atau IPS di sekolah menengah atas. Banyak keraguan saat inging menjuatuhkan pilihan,tapi teringat sebuah kata dari film “Negri 5 Menara” yang saat itu terdengar seperti ini “jika kau sudah menjatuhkan suatu pilihan,peganglah erat dan jalani dengan segala keyakinan” dan akhirnya saya memilih masuk ke kelas 11 IPA pada waktu saya duduk di sekolah menengah atas,banyak pelajaran yang harus di pelajari dan di hafal untuk bekal riview pelajaran di kelas 12 nanti. Karena saya yang tidak suka pelajaran yang harus di jawab dengan perhitungan rumit dan lebih suka pelajaran yang di ingat atau di hafal,waktu itu saya ketinggalan di pelajaran berhitung seperti Matematika dan Fisik,sedangkan di pelajaran seperti Kimia dan Biologi yang kebanyakkan menghafal nama latin atau pun nama-nama unsur saya mendapatkan nilai yang terbilang bagus untuk 2 pelajaran ini. Pada saat itu juga keinginan saya untuk menjadi guru yang mengajar bidang studi Biologi kembali muncul dan akhirnya saya menjadikan target untuk jurusan kuliah saya setelah lulus dari sekolah menengah atas ini. Ketika kelas 12 juga keinginan saya masih sama dan saya menentukan universitas yang ingin saya gapai yaitu Universitas Negeri Medan atau yang biasa disingkat UNIMED,saya menentukan target saya untuk bisa lulus di jurusan Pendidikan Biologi,UNIMED.
          Tibalah saya di masa penghujung masa sekolah menengah atas,yaitu pengisian dan pendaftaran SNMPTN ( Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) ,dan kala itu saya masih ingin bertanya sekali lagi ke orang tua saya di riau dan kakek nenek yang merawat saya selama saya duduk di sekolah menengah atas ini tentang target saya yang ingin masuk ke jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan,saya mendapatkan respon yang baik dari orang tua saya di Riau karna Medan cukup dekat jaraknya dengan Kisaran yang hanya berkisar sekitar 4 jam jika di tempuh dengan kereta api dan itu juga karena alasan ibu saya yang takut jika saya berkuliah terlalu jauh. Tapi, kakek saya waktu itu langsung menyangga pendapat saya untuk menjadi seorang guru karena jika berpikir dari lapangan kerja yang tersedia guru sudah terlalu banyak di daerah Sumatera Utara ini dan kakek saya menyarankan untuk mengganti jurusan sekaligus mengambil universitas yang sedikit di luar dari daerah Sumatera Utara. Akhirnya saya kambali menggali info tentang universitas lain dari kakak-kakak senior saya yang sudah kuliah,dan sampai akhirnya saya di ceritakan tentang Universitas Syiah Kuala oleh salah seorang kakak senior saya yang berkuliah di FKH ( Fakultas Kedokteran Hewan )  bahwa akreditas universitas negeri ini sudah mencapai akreditas A dan juga tidak hanya memberi pelajaran akademik tetapi juga berupa organisasi,agama dan lain-lain. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil salah satu jurusan yang ada di UNSYIAH,mengingat pesan kakek saya untuk mengambil jurusan yang ada kemungkinan mudah untuk mendapatkan lapangan kerja,saya teringat kebiasaan saya yaitu merawat hewan ternak. Maka dari itu,saya akhirnya memutuskan untuk mengambil jurusan Peternakan sebagai pilihan pertama saya dia SNMPTN,di lanjutkan pilihan kedua Pendidikan Biologi,UNSYIAH dan pilihan ketiga Pendidikan Biologi,UNIMED.
          Setelah selasai UN ( Ujian Nasional ) saya melanjutkan untuk mengambil bimbel persiapan untuk SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ),setelah sekitar sebulan saya menjalani proses belajar di bimbel akhirnya sampai lah di saat pengunguman untuk nama mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN,saya seusai jam pelajar di bimbel langsung mengecek online nomer dan nama saya. Awalnya saya tidak percaya akan lulus melalui jalur SNMPTN atau jalur undangan karna saya hanya murid biasa yang tidak memiliki banyak nilai bagus,dan ketika pengunguman saya keluar pesimis saya berubah menjadi bahagia yang tak terhingga karena saya lulus di jurusan Peternakan,Universita Syiah Kuala. Pada akhirnya saya mengambil jurusan itu dan sampai sekarang saya menjadi mahasiswa resmi Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.
Motivasi bagi calon mahasiswa 2017 jangan lah menganggap jurusan Peternakan adalah jurusan yang memiliki nilai rendah di mata semua orang,tapi buat lah semua orang memandang tinggi jurusan Peternakan kita ini.HIDUP PETERNAK MUDA!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Acak Kelompok Faktorial Dengan Mengunakan Excel dan SPSS16

RAK FAKTORIAL : Contoh Percobaan dan Penyelesaian

RANCANGAN ACAK LENGKAP - FAKTORIAL (RALF) melalui SPSS