Air Terjun Di Kabupaten ASAHAN



KAB.ASAHAN sebuah kabupaten yang bisa di tempuh sekitar 4 jam dari kota MEDAN,tidak banyak orang mengenal kabupaten yang ber ibukota kabupaten KOTA KISARAN ini sehingga banyak dari wisata-wisata alam yang hanya sedikit orang yang tau bahkan tak terjamah tangan manusia sekali pun. Sedikit saya akan berikan contoh wisata alam yang tak kalah dengan wisata alam di kota lain,cek this out.

AIR TERJUN SIMONANG-MONANG

Air Terjun Simonang-monang terletak di perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Air Terjun yang terletak di tengah-tengah perkebunan ini kerap digandrungi oleh warga Asahan sebagai destinasi wisata karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Kisaran.
Berjarak ± 50 km sebelah Barat Daya Kota Kisaran, atau lebih kurang ± 1,5 jam jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tidak ada kendaraan umum untuk menuju ke sana. Selain kondisi jalan becek dan berlubang, juga minim rambu penunjuk jalan. Jalan yang sering digunakan adalah jalan pedesaan yang masih batu padas dan tanah liat. Jika musim hujan, jalanan ini akan sangat licin. Juga, fasilitas di sekitar air terjun ini bisa dikatakan minim, sebab kamar mandi dan WC sulit ditemukan. Tiket masuknya adalah Rp. 2000,-/orang dan biaya parkir Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat.
Namun, sangat disayangkan. Kurangnya perhatian pejabat setempat pada wisata alam ini membuat tempat ini kurang diminati pengunjung. Hal ini terlihat dari kurangnya sarana informasi dan pengelolaan objek wisata Air Terjun Simonang-monang itu sendiri. Padahal, bila dikelola dengan baik, ini akan menjadi pendapatan tambahan bagi daerah Asahan. Dan tentu akan menunjang ekonomi warga sekitarnya.
AIR TERJUN UNONG SISAPA

Objek wisata air terjun Unong Sisapa ini terletak di wilayah perbukitan Dusun Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge ± 60 km sebelah Baratdaya kota Kisaran kabupaten Asahan. Lokasi wisata alam Unong Sisapa dapat ditempuh ± 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, sampai ke Dusun Aek Silabat. Di sekitar air terjun masih terdapat hutan dengan aneka ragam flora dan fauna.
AIR TERJUN ALAM TANI

Air Terjun Alam Tani terletak di kecamatan Bandar Pulau,air terjun ini menjadi daya tarik wisatawan yang memikat karena keindahannya. Berbagai flora dan fauna dapat anda saksikan di sekitar air terjun. Airnya yang jernih pun nampak menyejukkan dan bisa membuat siapapun tak tahan untuk segera berenang.

AIR TERJUN PONOT

Air Terjun Ponot memiliki ketinggian lebih kurang 250 m.  Air terjun ini berasal dari anak Sungai Asahan, dimana air Sungai Asahan ini mengalir menuju Selat Malaka melahirkan Air Terjun Sigura-gura dan Air Terjun Tangga terkadang disebut juga sebagai Air Terjun Sampuran Siharimo yang membangkitkan arus listrik. Terletak di Desa Tangga dekat Porsea Paritohan Kecamatan Pintu Pohan MerantiKecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara. Cobalah datang di pagi hari sekitar jam 8- 10 pagi di hari yang cerah . Kamu bakal melihar pelangi di antara air terjun tersebut:)
AIR TERJUN TURBO

Air terjun yang tersembunyi ini terletak di Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, sekitar 6 jam perjalanan dari Medan dan 3 jam dari Pematang Siantar via Tanah Jawa Simalungun-Mandoge (Jika datang dari Medan). Jangan khawatir tersesat, air terjun ini sudah sangat populer, bahkan di daerah Tanah Jawa (17 km sebelum Turunan Bolon) anda sudah bisa mendapati spanduk Air Terjun ini.

Untuk mencapai tempat parkir di Desa, pengunjung akan melewati Perkebunan Karet dan Sawit warga setempat, medannya cukup berat, jalan tanah berbatu akan menjadi tantngan bagi kendaraan anda, harap berhati-hati terutama saat hari hujan. Sangat dianjurkan memakai kendaraan yang prima kalau kendaraan khusus seperti trail, 17 km dari tempat parkir perjuangan menelusuri perbukitan yang masih sangat alami, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit plus menyebrangi aliran sungai yang cukup deras untuk mencapai destinasi. Cukup melelahkan, begitu pengakuan beberapa petualang yang telah menyatroni surga tersembunyi ini, namun semuanya terbayar dengan megahnya Air Terjun yang super ini.

Masih banyak lagi wisata alam ASAHAN yang belum terlihat di permukaan sosmed anda,untuk lebih jelasnya silahkan datang ke Kabupaten ASAHAN dan datang langsung ke tempat-tempat wisata alam yang insya allah bisa menghilangkan kepenatan anda. Jika anda sedang berada di Kota Medan anda bisa naik kereta api yang hanya butuh waktu 4 jam perjalanan ke kota Kisaran, dan masih banyak alternatif angkutan lain. visit ASAHAN guys, and see you di postingan selanjutnyaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Acak Kelompok Faktorial Dengan Mengunakan Excel dan SPSS16

RAK FAKTORIAL : Contoh Percobaan dan Penyelesaian

RANCANGAN ACAK LENGKAP - FAKTORIAL (RALF) melalui SPSS